HAL YANG HARUS KAMU KETAHUI SEBELUM MEMELIHARA KUCING



Hasil gambar untuk petting cats


Kucing adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Sebagai orang yang baru pertama kali memelihara kucing tentu saja banyak hal yang harus dipelajari sebelum memutuskan untuk memelihara kucing. Berikut adalah beberapa hal yang penting diketahui oleh pemilik kucing pemula agar lancar dalam memelihara kucing :
    

     1. Tentukan Ras Pilihanmu.


Secara umum ada 4 tipe kucing berdasarkan rambutnya yaitu hairless (tidak berambut) contohnya sphynx, bambino; short hair (rambut pendek) contohnya exotic short hair, abyssian, siamese, dan kucing domestik; medium hair (rambut medium) contohnya bengal, american wirehair dan cyprus; dan longhair (rambut panjang) contohnya persia, anggora, dan maine coon.
Kucing dengan rambut panjang membutuhkan grooming (mandi) yang lebih sering dibanding kucing dengan rambut pendek. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk sering-sering memandikan kucing peliharaan di rumah, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih kucing dengan rambut yang pendek kecuali kalau kamu bisa memanajemen waktu atau meminta orang lain untuk mengantarkan kucingmu ke petshop untuk grooming.
Karakter setiap kucing juga berbeda-beda, ada yang cenderung suka mengeong, pendiam, aktif dan suka bermain. Pertimbangkan karakter msing-masing kucing berdasarkan rasnya agar tidak kaget dengan karakter kucingmu nanti ya. Klik link ini untuk mengetahui beberapa jenis ras kucing  dan karakternya https://www.whiskasindonesia.com/ras-kucing dan http://www.catbreedslist.com/

     2.      Makanan Yang Sesuai Untuk Kucing.

Kucing merupakan hewan karnifora obligat yang artinya bahwa kucing hanya dapat mencerna daging. Berbeda dengan anjing yang dapat mencerna karbohidrat (contohnya nasi), kucing tidak memiliki enzim untuk mencerna karbohidrat sehingga pemberian karbohidrat secara terus menerus dapat membuat kucing mengalami defisiensi (kekurangan) protein dan berujung pada malnutrisi. Faktanya kucing membutuhkan  protein sekitar dua sampai tiga kali lebih banyak daripada anjing. Protein yang diberikan pada kucing paling tidak 26 persen dan lemak 9 persen setiap harinya, jadi jangan sembarangan untuk memberi makan kucing kalau ingin kucingmu sehat ya. Pastikan makanan kucingmu seimbang.

      3.      Ketahui Hal-hal Mendasar Tentang Kucing, Normal Atau Tidak Normal.

Ketika memelihara kucing, tidak jarang kamu akan menemukan perubahan-perubahan baik itu perilaku, kebiasaan, atau malah hal baru yang membuat Anda khawatir apakah itu normal atau tidak. Saat memutuskan untuk memelihara kucing, ada baiknya kamu mengetahui ciri-ciri perilaku dan kebiasaan kucing yang normal dan abnormal. Sebagai pondasi dasar kamu dapat mengingat data fisiologis normal kucing untuk mengetahui apakah kucing sehat atau tidak. Data fisiologis normal kucing dewasa yaitu : suhu tubuh 37.7 - 39.4 derajat, detak jantung 140-240 x per menit, 20-24 x per menit. Kucing sehat juga akan menunjukkan nafsu makan yang baik; ceria; tidak lemas; gerakan lincah; gigi dan gusi bersih; mata dan telinga bersih dari kotoran; gerakan bebas, lincah dan sigap; anus bersih; urin dan kotoran keluar dengan lancar, rambut bersih.
Selain itu ada juga masa-masa dimana rambut kucing akan rontok. Rontok rambut pada kucing secara normal terjadi ketika masa ganti rambut, sedang birahi, atau ketika suhu sedang panas, contohnya di musim panas atau kemarau. Muntah bulu atau hairball juga akan terjadi secara normal karena kucing sering menjilat tubuhnya dan rambut-rambut itu akan terakumulasi di lambung. Sangat penting untuk mengeluarkan hairball tersebut agar tidak menyumbat saluran pencernaan. Pastikan kamu rajin menyisir rambut kucingmu agar rambut yang tertelan tidak terlalu banyak dan membahayakan kucingmu ya.

      4.      Peralatan Yang Harus Disiapkan Untuk Kebutuhan Kucing.

Selain kandang, litter box, serta tempat makan dan minum, pastikan kucing memiliki area bermain juga ya karena kucing membutuhkan area untuk melepaskan energi dan kebiasaan alaminya. Sifat alami kucing yang suka menggaruk, melompat, berlari, dan bermain akan sedikit terbatas ketika berada di dalam kandang atau rumah dibandingkan jika berada di alam bebas. Oleh karenanya area bermain juga sangat penting untuk menyalurkan energi serta menjaga agar kucing tidak stres. Jika ruangan di rumah tidak memungkinkan membangun atau dijadikan area bermain kucing, kamu bisa membeli mainan khusus kucing yang dapat digunakan ketika jam bermain. Selain itu beberapa peralatan standar lain juga bisa kamu siapkan di rumah seperti termometer, kapas alkohol, cotton bud untuk membersihkan telinga, sisir dan clipper kuku untuk grooming.

      5.      Vaksin Dan Obat Cacing.

Vaksin adalah hal wajib yang harus diberikan kepada kucing. Vaksin akan meningkatkan kekebalan imun kucing untuk mencegah dari infeksi penyakit berbahaya yang dapat menginfeksi kucing bahkan menularkannya ke manusia.  Obat cacing mulai dapat diberikan diberikan pada umur 6 minggu, kemudian diulangi kembali pada umur 8 dan 10 minggu kemudian dapat diulangi setiap 3 bulan sekali. Berikut adalah jadwal vaksin yang disarankan sesuai dengan umur kucing. 


      6.      Evaluasi Keuangan.

Memelihara kucing merupakan komitmen jangka panjang. Sebelum memutuskan untuk memelihara kucing, pastikan kamu sudah stabil secara finansial dan dirasa cukup untuk memelihara hewan peliharaan. Kucing dapat berumur panjang dengan rata-rata umur kucing dapat mencapai 15 tahun, dan sepanjang hidupnya kucing tidak selamanya sehat, terutama di umur renta. Kadang kala ada masa-masa kucing akan sakit atau membutuhkan peralatan-peralatan khusus untuk menunjang kualitas hidupnya. Pastikan kamu memiliki finansial yang cukup untuk membeli makanan, pasir, mainan, bahkan obat-obatan.
                                          


      7.      Bergabung Dengan Komunitas Pecinta Kucing.

Sebagai pemula dalam hal memelihara kucing ada baiknya kamu bergabung dalam komunitas pecinta kucing. Biasanya para pecinta kucing akan sering berbagi informasi mengenai cara perawatan, penyakit, tips menjaga kesehatan kucing, dll. Forum ini akan sangat membantu pemilik kucing yang baru untuk memahami mengenai dunia kucing lebih baik lagi.


       Demikian hal-hal yang perlu diketahui pemilik kucing pemula sebagai modal dasar untuk memilih dan memelihara kucing. semoga bermanfaat.






DAFTAR PUSTAKA

            Bichard, S. J., dan Sherding, R. G., 2006. Saunders Manual of Small Animal Practice 3rd Edition. USA : Elsevier

Eldergre, D. M.; Carlson, D. G.; Carlson, L. D.; dan Giffin, J. M., 2008. Cats’s Owner Home Veterinary Handbook. USA : Wiley Publishing

Holland, C. V., dan Smith, H. V., 2006. Toxocara : The Enigmatic Parasite. CABI : UK

        Suwed, M. A., dan Napitupulu, R. M., 2011. Panduan Lengkap Kucing. Jakarta : Penebar Swadaya
           

Comments